Cara Menggunakan Krim Pencerah Wajah yang Benar

penggunaan-pemutih-wajahJika anda datang ke sebuah klinik kecantikan atau dokter kecantikan dengan tujuan ingin memutihkan wajah atau membeli produk cream yang menawarkan pemutih wajah, maka anda perlu mengetahui cara memakai cream, kandungan dan cara krim tersebut bekerja. Karena jika tidak, maka akan mengurangi keberhasilan dari proses memutihkan wajah anda. Terlebih jika anda tidak tahu kandungan krim tersebut karena saat ini marak krim pemutih yang menggunakan bahan berbahaya seperti mercury.

Dalam satu paket perawatan , sering diberikan krim untuk siang hari dan malam hari. Krim yang dipakai pada siang hari pastikan mengandung sunscreen dengan SPF, karena kunci keberhasilan dalam proses memutihkan wajah adalah apabila anda tidak terpapar sinar UV yang memicu proses pigmentasi kulit. Sehingga peranan Sunscreen sangat penting.

 

Apa itu Sunscreen / Tabir Surya ?

Adalah bahan yang dapat menge-block (menghambat ) sinar Ultraviolet (UV). Terdapat 3 macam sinar UV, UV A, UV B dan UV C. Namun yang sampai ke bumi hanya sinar UV A dan UV B. Sinar UV A memiliki panjang gelombang lebih tinggi dari pada UV B, sehingga UV A dapat menembus ke lapisan kulit yang dalam (dermis).  Sebaiknya memakai Sunscreen atau sunblock dengan spectrum luas, yang artinya dapat mengeblok kedua sinar UV tersebut.

Bahaya radiasi Sinar UV A

  • UV A dapat menembus kaca dan awan mendung
  • UV A memiliki panjang gelombang lebih panjang dari pada UV B sehingga masuk ke dalam kulit lebih dalam.
  • UV A merupakan penyebab penuaan dan timbulnya keriput wajah
  • UV A dapat menyebakan kerusakan DNA di dalam kulit sehingga menimbulkan Kanker kulit.

Bahaya Radiasi UV B

  • Menyebabkan kerusakan pada tingkat lapisan kulit luar (Epidermis)
  • Menyebabkan Kemerahan pada kulit dan Sunburn (terbakar sinar matahari)
  • Pernyebab utama penggelapan kulit, Photoaging (penuaan), timbulnya flek hitam.

 

Apa itu SPF ?

Sun Protection Factor (SPF) adalah berapa lama kita akan terbakar sinar matahari dengan menggunakan sunscreen dibanding tidak menggunakan sunscreen. Setiap kulit memiliki waktu yang berbeda-beda tehadap terbakarnya sinar matahari.  Misalkan kulit anda bisa biasanya mengalami sunburn(kemerahan akibat sinar matahari) jika terpapar matahari selama 10 menit TANPA sunscreen, maka jika anda memakai SPF 15, anda akan  15 KALI LEBIH LAMA sampai menjadi kemerahan akibat sunburn. Saat ini jumlah SPF yang umum dipakai adalah SPF 15, 30, 45, 50, 80, 100.

SPF 15 dapat mengeblok sinar UV B 93%

SPF 30 dapat mengeblok sinar UV B 97%

SPF 50 dapat mengeblok sinar UV B 98%

 

Namun dari pengalaman saya,   pasien yang sering terpapar sinar matahari atau pekerja lapangan selalu saya resepkan sunbok dengan SPF 45/50 yang dipakai setiap 4-5 jam. Jika pekerja kantoran atau ibu rumah tangga saya resepkan sunblok dengan SPF 15/30 yang dipakai tiap 4-5 jam. Dan saya lebih menyukai sunscreen yang berwarna putih netral dibanding berwarna coklat atau dengan tambahan foundation.

 

Berikut adalah cara mengoleskan sunscreen yang benar :

  • Setelah wajah dibersihkan oleskan secukupnya (jangan terlalu tipis),ambil kira-kira satu biji jagung (bisa lebih) untuk setiap area dahi, kedua pipi, dagu, hidung lalu ratakan ke seluruh wajah.
  • Untuk area badan oleskan kira-kira 1-2 sendok teh (bisa lebih) sunscreen lotion lalu ratakan ke seluruh lengan dan kaki yang terpapr sinar matahari.
  • Oleskan minimal 15-30 menit sebelum anda terpapar sinar matahari.
  • Ulangi pemakaian sesering mungkin, setiap 3-5 jam, terutama setelah berkeringat dan berenang

 

Meskipun sudah memakai sunblock bukan berarti anda akan kebal terhadap sinar matahari, anda akan tetap beresiko terbakar jika anda terpapar sinar matahari langsung, sehingga sebaiknya meskipun sudah memakai sunblock pakailah pelindung seperti topi, kacamata anti UV dan pekaian yang menutupi kulit.

 

Berikut adalah petunjuk jika anda ingin terhindar dari penggelapan kulit :

  • Hindari paparan sinar matahari antar jam 10 pagi – 4 sore
  • Hindari paparan sinar matahari langsung secara berlebihan
  • Pakailah Topi, kacamata hitam, baju yang menutupi kulit.
  • Gunakan sunblock spectrum luas
  • Bayi baru lahir sampai usia 6 bulan harus menghindari sinar matahari antara pukul 10 pagi-4sore
  • Sunscreen dapat digunakan pada bayi mulai usia 6 bulan.

 

Guanakan hanya cream pemutih wajah yang aman

Oleh : dr.Maharani Prima

 

Tips Kecantikan

  • Cara memperlambat dan mencegah timbulnya keriput / penuaan

    Cara memperlambat dan mencegah timbulnya keriput / penuaan

    Keriput adalah salah satu tanda terjadinya penuaan (Aging Process). Keriput terjadi karena berkurangnya kadar Colagen dan lemak di bawah kulit yang mengakibatkan kulit kendor, Kering dan timbul garis-garis di wajah. …
  • Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Mencegahnya

    Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Mencegahnya

    Jerawat adalah penyakit kulit dimana terjadi peradangan kelenjar minyak, yang terletak dibawah folikel rambut. Kelenjar ini memproduksi minyak dan mengeluarkannya melalui lubang pori-pori kulit. Jerawat terjadi jika ada sumbatan pada …
  • Anjuran Dokter, Cara Memutihkan Wajah yang Baik

    Anjuran Dokter, Cara Memutihkan Wajah yang Baik

    Berikut adalah cara / proses memutihkan wajah : Pakailah sunscreen dengan SPF minimal 15 sebelum beraktifitas dibawah sinar matahari, ulangi pemakaian sesering mungkin. Hindari panas matahari secara langsung. Pilihlah Krim …
  • Cara Menentukan Jenis Kulit Kita

    Cara Menentukan Jenis Kulit Kita

    Kadang kita bingung dengan cara menentukan jenis kulit kita sendiri, kadang kering kadang berminyak itu wajar terjadi, karena cuaca dan aktifitas bias mengubah kondisi kulit kita, tapi apa jenis kulit …
  • Penjelasan tentang Memutihkan Wajah

    Penjelasan tentang Memutihkan Wajah

    Sebagai seorang wanita tentunya ingin memiliki kulit wajah yang putih, bersih dan cerah. Oleh karena itu Banyak Produsen kosmetik yang menawarkan krim untuk memutihkan kulit, dari harga yang murah sampai …
designed : www.pixelldesign.com